Kamis, 02 Oktober 2008

POTENSI (MD0014)


Beberapa hari yang lalu salah satu orang tua siswa SMP Madani Islamic School yang kebetulan memiliki seorang anak autis mengatakan kepada saya bahwa ”Saya kira anak saya tidak memiliki potensi apapun, semua bentuk pendidikan bagi dia saya rasakan percuma.”. Atau seorang guru yang pernah mengatakan ” Saya tidak bisa mendidik anak, saya mungkin tidak pantas menjadi guru karena saya tidak bisa” atau ungkapan adik tingkat saya yang sekarang sudah 3 tahun di Fakultas hukum UNS ”Saya adalah orang yang paling sengsara di dunia, orang yang paling bodoh sedunia, orang yang tidak bisa berbuat apapun”. Masing banyak ungkapan-ungkapan senada yang menunjukan ketidakmampuan dan merasa tidak punya potensi. Saya sendiri masih mempunyai keyakinan bahwa Allah menurunkan manusia di dunia ini pasti dibekali dengan potensi. Tetapi kenapa banyak manusia merasa tidak mempunyai kelebihan apapun karena sebagian banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara menemukan potensi dan bagaimana cara mengembangkan potensi tersebut. Orang-orang yang sukses adalah mereka yang mampu menemukan potensi mereka dan mampu mengembangkan potensi tersebut. Yakinlah Allah sediakan setiap manusia potensi agar manusia dapat eksis menjalani kehidupan.

Tidak ada komentar: