Kamis, 02 Oktober 2008

KUADRAN POTENSI (MD0013)


Ada 4 kuadran
Kuadran I Saya tahu anda juga maksutnya adalah saya dan anda sama-sama tahu potensi yang ada dalam diri saya. Misalnya pemian sepak bola Brazil Ronaldinho yang sekarang memperkuat AC Milan. Ronaldinho dan para penikmat bola sama-sama tahu bahwa Ronaldinho adalah pemain sepak bola dunia.
Kuadran II Saya tahu, anda tidak maksutnya adalah saya merasa bahwa saya memiliki potensi tertentu dan anda belum tahu potensi saya. Misalnya seorang mahasiswi yang selalu bersembunyi ketika memasak nasi goreang karena takut dikomentari masakannya, padahal masakannya sangat lezat. Siapa tahu masakannya tersebut disuakai banyak sehingga menjadi sumber penghasilan.
Kuadran III Anda tahu saya tidak maksutnya anda tahu potensi saya apa lewat pengamatan anda sedangkan saya belum tahu itu. Dulu saya pernah menyarankan adik tingkat saya bahwa dia berpotensi menjadi seorang trainer kemudian dia bilang tidak mungkin, sekarang adik tingkat saya tersebut menjadi salah satu tainer hebat di kampus. Bagaimana cara menemukan potensi tersebut ? caranya adalah sering bertanya kepada teman anda tantang kelebihan dan kelemahan anda.
Kuadran IV Saya tidak tahu anda juga maksutnya adalah kita sama-sama belum tahu potensi saya itu apa, trus bagaimana cara menemukan potensi tersebut? Caranya adalah dengan mencoba dan mencoba setiap aktivitas. Jika orang tersebut memiliki perasaan senang dan mampu lebih cepat menguasai maka itu salah satu indikasi bahwa orang tersebut memiliki potensi dalam aktivitas tersebut

Tidak ada komentar: