Kamis, 02 Oktober 2008

KUADRAN PRIORITAS (MD0006)

Seseorang pernah bercerita. “Saya selalu mengerjakan pekerjaan-pekerjaan saya tetapi pekerjaan itu bukan malah berkurang tetapi saya rasakan malah bertambah saja, ini membuat saya stress”. Saya sebenarnya kurang mengetahui apakah prioritas mampu menyelesaikan masalah saudara kita yang bercerita tadi tapi tidak masalah saya ingin share dengan para pembaca tentang prioritas. Ada beberapa langkah-langkah dalam menentukan prioritas, langkah-langkah itu antara lain :
1. Coba tulis dalam sebuah kertas apa saja kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu.
2. Buatlah prioritas kegiatan yang akan dikerjakan lebih dahulu. Untuk menentukan prioritas mana yang lebih dulu berpatokan pada kuardran prioritas.
Ada 4 kuadran prioritas
1. Kuadran I adalah kegiatan yang pertama kali harus dikerjakan atau diselesaikan karena kegiatan ini sifatnya PENTING dan MENDESAK.
2. Kuadran II adalah kegiatatan yang KURANG PENTING tetapi MENDESAK ini menjadi prioritas kedua.
3. Kuadran III adalah kegiatan yang PENTING tetapi TIDAK MENDESAK ini menjadi prioritas yang ketiga.
4. Kuadran IV adalah kegiatan yang menjadi prioritas terakhir karena sifatnya KURANG PENTING dan TIDAK MENDESAK.
3. Kemudian tulislah dalam kertas tersebut aktivitas apa yang akan dikerjakan sendiri dan aktivitas apa yang dapat didelegasikan kepada orang lain.
4. Tulislah waktu atau batasan waktu dalam mengerjakan agenda kegiatan hari itu.
5. Awalilah dengan basmallah dan doa agar semua aktivitas berjalan lancar dan Allah memberi yang terbaik.

Tidak ada komentar: